Penyakit Usus Buntu

Penyakit usus buntu (appendicitis) adalah akibat tersumbatnya muara usus buntu oleh berbagai hal seperti cacing, kotoran penderita yang mengering, biji jambu batu, biji cabe, tumor usus dll. Seumabatan tersebut menyebabkan produksi lendir usus buntu tidak tersalurkan ke usus besar, dan berakibat pada pembengkakan serta terjadinya infeksi di usus buntu. Dari mananya memang usus buntu hanya mempunyai satu saluran pembaungan yaitu ke usus besar, jadi kalau saluran itu tersumbat pasti produksinya akan bertumpuk. Pembengkakan dan infeksi usus buntu menyebabkan penyakit radang usus buntu yang dapat bersifat akut atau kronis. Bila tidak segera diatasi akan berakibat pada pecahnya usus dan berakhir dengan kematian penderita.

Penyakit Usus Buntu

Penyakit Usus Buntu

Penyakit Usus Buntu

Gejala penyakit usus buntu pada awalnya mirip dengan sakit lambung/maag yakni nyeri hebat du sekitar pusat atau sekitarnya, arah nyeri bergantung pada posisi usus buntu. Rasa nyeri di sekitar pusat biasanya disebabkan oleh radang usus buntuk yang arahnya dimendekati pusat. Biasanya rasa nyeri akan disertai muntah pada hari pertama. pada kasus radang usus buntu yang akut, dalam waktu 2-12 jam, rasa nyeri akan beralih pada daerah kanan bawah yang bersifat menetap dan semakin hebat nyerinya bila batuk atau berjalan.

Pada tahap awal, dapat saja penyakit usus buntu didiagnosa sebagai penyakit maag karena hanya berupa nyeri perut, rasa mual, muntah dan perut kembung. Gejala radang usus buntu dapat saja tersamar dan tak terdeteksi yang biasany diakibatkan pemakaian antibiotik tanpa resep dokter atau kaerna kondisi tubuh penderita yang kuat. Kadang kala gejala penyakit usus buntu berubah mirip dengan ileus obstuktif atau penyakit radang perut akut (dikenal sebagai masuk angin duduk di kalangan orang awam).

Bila penyakit usus buntu telah mulai membusuk atau pecah, biasanya didapatkan nyeri tekan dan nyeri lepas di seluruh dinding perut (nyeri lepas adalah nyeri yang timbul di perut segera setelah tekanan di dinding perut dilepaskan/diangkat).

Pemeriksaan Usus Buntu

Pemeriksaan laboratorium pada darah dan urin memperlihatkan adanya peningkatan jumlah sel darah putih. Pemeriksaan akan semakin lengkap dan terarah bila dilakukan pemeriksaan foto rontgen dada dan perut serta pemeriksaan USG perut. Tindakan pengobatna satu-satunya yang akan dilakuakn untuk mengobati penyakit usus buntu adalah dengan membuang usus buntu yang meradang melalui tindakan operasi. Tentu tindakan operasi dilakukan setelah melakukan observasi kondisi penderita sekitar 8-12 jam (penderita yang akan dioperasi harus berpuas makan minum sekiatr 6-8 jam agar tidak muntah ketika dibius), mendapat masukan pemeriksaan laboratorium dan rontgen penderita agar diagnosa tepat serta akurat.

Beberapa pemeriksaan yang dilakukan pada penyakit usus buntu adalah :

Pemeriksaan Fisik
Pemeriksaan fisik yang dilakukan pada penyakit usus buntu adalah :

  1. Inspeksi : pada pemeriksaan ini biasanya akan ditemukan abdominal swelling dan sehingga pada pemeriksaan ini maka akan ditemukan juga suatu distensi perut.
  2. Palpasi : pada daerah perut dibagian kanan bawah jika memang ditekan maka akan terasa nyeri. Dan jika tekanan tersebut dilepas maka biasanya akan terasa nyeri lagi. Nyeri pada tekan perut sebelah kanan bawah adalah salah satu kunci dalam penegakkan diagnosis dari penyakit usus buntu. Pada penekanan dibagian perut kiri sebelah bawah maka akan terasa nyeri atau sakit pada perut kanan bagian bawah. Hal ini disebut dengan tanda Rovsing atau Rovsing Sign. Dan jika tekanan pada perut kiri sebelah bawah dilepaskan maka terasa nyeri pada bagian perut kanan bawah yang disebut dengan istilah Blumberg.
  3. Pemeriksaan pada colok dubur : Pemeriksaan ini biasanya dilakukan pada penyakit usus buntu, untuk bisa membantu menentukan dimana letak usus buntu, kika terjadinya memang masih belum diketahui. Jika saat melakukan pemeriksa ini dan akan muncul rasa nyeri, maka kemungkinan apendiks yang mengalami peradagan terletak pada bagian daerah pelvis. Pemeriksaan ini merupakan salah satu kunci dalam penegakkan diagnosis pada apendisitis pelvika.
  4. Pemeriksaan uji psoas dan uji obturator : pemeriksaan ini biasanya dilakukan untuk membantu mengetahui dimana letak dari apendiks yang mengalami peradangan. Dan selain itu juga uji psoas yang dilakukan dengan adanya suatu rangsangan pada otot psoas lewat dari hiperekstensi sendi panggul sebelah kanan ataujuga fleksi aktif dibagian sendi panggul sebelah kanan, dan juga bagian pahan kanan yang ditahan. Jika apendiks mengalami peradangan dan juga menempel pada m psoas mayor, maka tindakan ini akan membuat rasa nyeri muncul. Sedangkan pada uji obturator yang dilakukan gerakan pada fleksi dan juga endorotasi sendi panggul pada saat posisi sedang telentang. Jika apendiks ini mengalami peradangan pada kontak dengan m.obturator internus yang merupakan salah satu dinding panggul kecil maka tindakan yang seperti ini akan menimbulkan rasa nyeri. Dan selain itu pemeriksaan ini dilakukan pada apendisitis pelvika.

Pemeriksaan penunjang yang bisa dilakukan adalah :

  1. Laboratorium : pemeriksaan ini dibantu dengan memeriksa darah secara lengkap dan juga test protein reaktif. Pada pemeriksaan darah lengkap maka biasanya akan ditemukan antara 10.000-20.000/ ml dan neutrofilnya berada diatas 75% sedangkan pada CRP akan ditemukan sejumlah serum yang mengalami peningkatan.
  2. Radiologi : melakukan pemeriksaan Usg dan juga Ct scan.

Penyakit Usus Buntu

Cara Pemesanan Obat Usus Buntu

Jual Usus Buntu Tradisional, Alami dan Herbal Untuk Membantu Mengobati Usus Buntu Secara Herbal dan Alami Serta Menjaga Fungsi Usus Dengan Baik

Obat Usus Buntu Alami, Obat Usus Buntu Herbal, Obat Usus Buntu Tradisional

Obat Usus Buntu Alami, Obat Usus Buntu Herbal, Obat Usus Buntu Tradisional

Harga 1 Botol Xamthone Plus – Obat Usus Buntu Isi 350 ml = Rp. 265.000,-/botol

Cara Pemesanan Cepat Obat Usus  Buntu:

Order melalui SMS ke 0852-1617-3280, tuliskan: Pesan Xamthone Plus РObat Usus Buntu, Jumlah Botol, Nama Anda, Alamat Kirim Lengkap dan Pembayaran Via Bank Apa


=====================================

>>> Xamthone Plus - Obat Usus Buntu Untuk Membantu Mengobati Usus Buntu Secara Herbal dan Alami Serta Menjaga Fungsi Usus Dengan Baik, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Usus Buntu and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.